Kompas.com - 25/07/2016, 19:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Tingginya angka kasus kekerasan seksual di Indonesia telah menjadi masalah bersama. Setiap individu sebaiknya ikut berpartisipasi untuk mengurangi kasus serupa.

Seperti halnya dengan memulai dari keluarga. Pola asuh orangtua merupakan bagian penting dari perkembangan anak.

Oleh karena itu, orangtua memiliki kewajiban untuk mengajarkan anak cara menghargai wanita agar tidak terjerumus dalam kasus kekerasan seksual.

Mariana Amirudin, Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, melanjutkan kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/7/2016), “Pola asuh terhadap anak harus dilakukan oleh kedua orangtua. Jangan hanya ibunya saja,".

Dia menambahkan bahwa dalam pola pengasuhan ini, sang anak, terutama anak laki-laki, perlu diajarkan bagaimana cara menghargai tubuh orang lain sehingga mereka tidak merendahkan dan mengobjektifikasikan wanita.

Selain itu, menurutnya juga anak-anak jangan sampai diperkenalkan dengan hal yang tidak benar, seperti halnya menggoda wanita-wanita yang dekat dengannya, walaupun hanya dengan bersiul.

“Lalu, beri tahu anak-anak bahwa itu merendahkan perempuan dan ajarkan bahwa itu bukanlah sesuatu hal yang baik,” jelasnya.

Kemudian, pola pengasuhan agar anak lebih menghargai wanita ini harus ditanamkan sejak kecil.

“Misalnya saat anak laki-laki menyukai seorang wanita, lebih baik ajarkan mereka untuk bertanya baik-baik kepada wanita yang mereka suka,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.