Kompas.com - 27/07/2016, 11:59 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com - Semula bersikap agak keras, American Academy of Pediatrics (AAP) kini mulai melunak dan menyebut bahwa gadget baik bagi awal pertumbuhan anak. Ada apa?

Perubahan sikap ini didasarkan pada hasil pertemuan para pendidik, dokter anak, ahli saraf, peneliti media, dan ahli sosial, yang terjadi pada Mei 2015.

Dalam acara “Growing Up Digital: Media Research Symposium” itu, para ahli berbagi pandangan mereka tentang beberapa manfaat dan bagaimana anak-anak bisa tertarik dengan perangkat-perangkat canggih itu pada saat usia mereka masih sangat muda.

Beberapa gadget yang menjadi perhatian tidak hanya berlaku untuk smartphone dan tablet tetapi juga komputer secara umum.

Sebelumnya, pada 2013, AAP menganjurkan para orangtua menjauhkan gadget dari jangkauan anak-anak di bawah dua tahun.

Mereka juga menyarankan agar menjauhkan televisi dan jaringan internet dari kamar si kecil seperti ditulis Jordan Saphiro—penulis pendidikan global—pada Forbes, Rabu (30/9/2015).

Namun, pada hari ini—setelah dihadapkan pada populasi anak-anak dan orang dewasa yang sangat tergantung pada perangkat teknologi—AAP tampaknya lebih menerima bahwa jika ditangani dengan benar, perangkat-perangkat tersebut akan memberi dampak baik yang besar terhadap pertumbuhan anak.

Bikin anteng

Sependapat dengan AAP, psikiatri anak dan remaja Victor Fornari mengungkapkan, saat ini teknologi sudah berganti fungsi selaiknya pengasuh anak.

Thinkstock Ilustrasi anak main gadget.
“Orangtua bisa melakukan banyak hal lain saat anak-anaknya asyik bermain gadget,” ujar Fornari seperti dilansir oleh Healthday, Jumat (10/6/2016).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.