Kompas.com - 02/08/2016, 14:19 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com Pada bulan Mei, Perancis menggegerkan dunia karena mengilegalkan penggunaan surat elektronik yang berhubungan dengan pekerjaan di luar jam kantor.

Pada saat itu, banyak orang yang menertawakan hal ini dengan mengatakan bahwa orang Perancis bersikap terlalu berlebihan mengenai hal ini.

Namun, sebuah studi yang baru saja dipublikasikan oleh para peneliti di Lehigh University menemukan bukti yang mendukung larangan ini.

Para peneliti mengoleksi data dari 365 orang di beberapa industri.

Mereka mengukur ekspektasi perusahaan, waktu yang dihabiskan untuk surat elektronik yang berhubungan dengan pekerjaan di luar kantor, keterikatan psikologi dengan pekerjaan di luar jam kerja, tingkat kelelahan emosi, dan persepsi mengenai keseimbangan waktu pribadi dan waktu bekerja.

Ternyata, menjawab surat elektronik yang berhubungan dengan pekerjaan di luar jam kerja dapat berakibat buruk terhadap kesehatan, sama halnya dengan beban kerja yang terlalu berat dan konflik interpersonal di kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, ekspektasi untuk selalu mengecek surat elektronik juga menyebabkan kelelahan emosi yang menyebabkan berbagai masalah dalam keseimbangan waktu pribadi dan waktu bekerja.

Pekerjaan adalah sebuah siklus yang akan berulang setiap hari.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan semua orang untuk beristirahat secara fisik dan mental setelah jam kantor agar siap keesokan harinya.

Namun, sayangnya banyak orang yang kesulitan untuk memutuskan diri dari pekerjaannya walaupun sedang berada di rumah.

Bila Anda termasuk kategori ini, mungkin ini saatnya Anda merenungkan diri baik-baik dan membagikan informasi ini kepada atasan dan teman sekantor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SHAPE
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.