Kompas.com - 04/08/2016, 20:35 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com — Semua pasangan yang telah lama menikah tahu bahwa nafsu seksual semakin menurun seiring berjalannya waktu. Perlahan-lahan, nafsu tersebut pudar walaupun pasangan menjadi semakin akrab dan nyaman.

Bila Anda dan suami termasuk pasangan yang sudah lama kehilangan nafsu untuk bercinta, tidak perlu khawatir.

Sebab, sekelompok peneliti dari Israel telah berhasil mengungkap rahasia sederhana yang dapat membuat kehidupan seksual Anda memuaskan kembali.

Dipublikasikan di dalam Journal of Personality and Social Psychology; studi ini menemukan bahwa kehidupan Anda dan pasangan di luar kamar tidur ternyata memengaruhi keadaan di ranjang.

Untuk mempelajari hal ini, para peneliti meminta 100 pasangan untuk menulis nafsu seksual mereka dan tanggapan pasangan dalam sebuah buku harian selama enam minggu. Mereka juga diminta melaporkan perasaan dan persepsi mengenai pasangan dan hubungan.

Hasilnya menunjukkan bahwa pria dan wanita yang merasa bahwa pasangan mereka responsif juga merasa istimewa dan menganggap pasangan penting. Karena itu, nafsu seksual mereka pun meningkat.

Gurit Birnbaum, penulis utama studi ini dan profesor psikologi di Interdisciplinary Center, Herzliya, Israel, mengatakan, "Penelitian kami menunjukan bahwa pasangan yang responsif satu sama lain di luar kamar tidur mampu menjaga nafsu seksual mereka."

Menurut studi ini, bersikap responsif menunjukkan pengertian yang mendalam dari pasangan. Lalu, hal ini juga menunjukkan bahwa pasangan peduli dengan Anda dan mau berinvestasi dalam hubungan.

"Pasangan yang responsif membuat hubungan terasa istimewa dan unik yang, setidaknya di masyarakat Barat, dicari oleh orang-orang dalam hubungan romantis," kata Birnhaum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.