Kompas.com - 22/08/2016, 20:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Saat wanita sedang mengalami datang bulan, biasanya tidur mereka akan terasa kurang nyenyak. Padahal, mereka harus tetap bekerja atau mengurus rumah pada keesokan harinya. 

Selain karena pekerjaan yang membuat wanita semakin lelah, tentu hal ini juga didorong karena Anda sedang mengalami menstruasi.

Terkadang pinggang atau bagian badan lainnya terasa kram dan kaku sehingga tidur pun terasa tidak nyaman.

Namun, sebenarnya ada posisi tidur yang lebih nyaman dan membantu Anda meringankan rasa kram dan nyeri pada tubuh Anda.

Beberapa ahli menyepakati bahwa posisi tidur yang nyaman untuk wanita yang sedang datang bulan adalah posisi tidur seperti janin, caranya dengan tidur menyamping dan menekuk kaki ke arah perut.

Lisa Lindley seorang dokter kandungan dan ginekologi menjelaskan bahwa posisi tidur seperti janin ini dapat mengurangi tekanan pada otot perut.

Dokter Jennifer Wider juga setuju. Dia berkata, banyak wanita melaporkan bahwa posisi ini membantu mengurangi kram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini disebabkan karena posisi seperti janin ini merilekskan otot-otot di sekitar perut Anda, sehingga dapat mengurangi ketegangan dan nyeri yang ada pada bagian perut.

Dokter Wider juga menambahkan bahwa kemungkinan besar posisi tidur terburuk saat menstruasi adalah tengkurap. Sebab, posisi ini dapat menekan rahim Anda dan menyebabkan lebih banyak darah yang ke luar pada malam hari saat Anda tidur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.