Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Menyeramkan di Balik Masker Wajah Anda

Kompas.com - 31/08/2016, 19:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Racked

KOMPAS.com -- Pada saat ini, kebanyakan orang menganggap masker wajah sebagai sesuatu yang tidak dapat dihilangkan dari rutinitas kecantikan, terutama dengan kemudahan yang diberikan oleh masker wajah berbentuk lembaran.

Namun, sebuah investigasi oleh Racked mempertanyakan kehigienisan dari tren perawatan wajah asal Korea tersebut.

Racked memulai investigasi ini setelah menemukan sebuah unggahan di kanal Asian Beauty oleh seorang pengguna situs Reddit, dvaonline22 yang berasal dari Seoul, Korea Selatan.

Dalam unggahan tersebut, dvaonline22 mengungkapan bahwa praktek melipat masker wajah dilakukan di rumah oleh dua atau tiga orang tanpa sarung tangan sebelum dikirim kembali ke pabrik untuk disegel.

Media tersebut kemudian menemukan bahwa beberapa merek produk kecantikan telah mengakui menggunakan praktek ini walaupun menggunakan pekerja rumahan untuk produk kecantikan yang langsung dijual ke pasaran telah dianggap ilegal di Korea Selatan.

“Karena ada banyak merek kosmetik kecil, hal ini sangat umum terjadi dan telah dilaporkan di Korea sejak 2008,” tulis artikel tersebut.

Lalu, Racked juga menyebutkan beberapa laporan pembeli yang menemukan serangga, bintik-bintik hitam, dan rambut di dalam kemasan masker wajah yang baru dibuka.

Di sisi kemanusiaan, penemuan Racked juga menemukan sebuah masalah besar dalam industri ini.

Artikel tersebut menemukan bahwa pekerja rumahan dibayar, yang terkecil, tiga won atau sekitar Rp 35 untuk setiap lembar yang terlipat.

“Untuk melipat 1.200 lembar masker, upah terkecil adalah 3,21 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 42.600,” tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com