Kompas.com - 06/09/2016, 14:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Banyak orang setuju bahwa mandi dengan air hangat lebih nyaman daripada air dingin. Sebab, air hangat dapat merilekskan tubuh yang lelah setelah bekerja.

Mungkin mandi air hangat dapat memanjakan tubuh, tetapi Anda perlu tahu bahwa air panas sangat tidak baik untuk rambut.

“Sesuatu yang panas, entah itu air panas, alat catokan, atau pemanas rambut dengan penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan kutikula rambut terbuka,” tutur seorang dermatolog, dr Gloria Novelita, SpKK, saat ditemui beberapa waktu lalu di acara peluncuran Garnier Color Naturals 3 Oils.

Kutikula, seperti yang diungkapkannya, berfungsi sebagai proteksi rambut. Jika proteksi ini hilang, bahkan terangkat, maka segala bahan kimia atau hal-hal yang panas akan lebih cepat masuk ke dalam rambut.

Dia menambahkan, kutikula yang terbuka sebenarnya bisa menutup lagi. Akan tetapi, jika Anda mengekspos rambut pada panas secara terus-menerus, maka proses terbukanya kutikula ini akan menjadi permanen.

“Jika nantinya sudah permanen, warna rambut bisa keluar dan kalau kutikula terangkat, maka rambut akan kasar dan permukaannya tidak rata,” ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika rambut kasar dan permukaannya tidak rata, tentu rambut Anda yang tadinya indah ini akan terlihat kusam apabila terpapar cahaya.

Selain itu, efek lainnya adalah rambut menjadi gampang kusut sehingga lebih mudah patah.

Menurut dr Gloria, hal ini merupakan proses yang berkesinambungan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air panas dan alat-alat lainnya yang menyebabkan kutikula rambut menjadi terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.