Kompas.com - 12/09/2016, 22:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Seharian beraktivitas membuat tubuh lelah dan stres sesampainya Anda di rumah. Cara paling benar untuk mengisi ulang tenaga adalah tidur lelap pada malam hari.

Namun, tahukah Anda bahwa tidur berkualitas bisa Anda dapatkan dengan tidur tanpa busana alias telanjang.

Menurut sejumlah pakar, tidur tanpa busana memberikan banyak manfaat kecantikan untuk kulit dan tubuh Anda. Berikut uraiannya:  

Tidur lebih mudah nyenyak
Keringat yang sering mengalir saat tidur malam, meski sudah menyalakan pendingin ruangan, membuat Anda sebentar-sebentar terbangun. Alhasil, tidur sering mengalami interupsi dan tidak lelap hingga pagi hari.

The National Sleep Foundation menyarankan untuk tidur malam dengan pendingin ruangan di suhu 20 atau 21 derajat celsius.

Tidur tanpa sehelai pakaian akan membuat tubuh terasa lebih sejuk. Namun, pastikan seprai Anda terbuat dari bahan katun.

Menurut Rachel Salas, MD, seorang rekan profesor neurologi dari John Hopkins Medicine, seprai dari bahan yang berat seperti silk bisa membuat kulit mudah berkeringat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kulit vagina mudah bernapas
“Anda yang memiliki kondisi vaginitis, tidur tanpa dalaman pada malam hari merupakan ide yang bagus,” jelas Michael Cackovic, MD, seorang ahli obstetri dan ginekologi di Ohio State Wexner Medical Center.

Sepanjang malam mengenakan celana dalam yang ketat bisa menciptakan lingkungan untuk tumbuh bakteri dan jamur.

Memperhalus kulit tubuh
“Baju, apalagi yang ketat dan panas, bisa menyebabkan friksi dan iritasi kulit. Sebab, serat baju tergesek dengan kulit selama Anda tidur sehingga terjadi inflamasi dan iritasi,” jelas Sejalh Shah, MD, seorang dermatolog bersertifikasi.

Jadi tidur tanpa busana, kata Dr Shah, memberikan ruang untuk kulit bernapas dan beregenerasi dengan maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SELF
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.