Kompas.com - 15/09/2016, 21:31 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Menurut studi Mayo Clinic Sleep Disorders Center, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa jadi mengganggu karena mereka cenderung aktif pada malam hari serta pagi hari.

Hewan peliharaan, menurut studi, bersemangat melihat Anda pulang sehingga mereka ingin mengajak Anda bermain. Caranya, menjilat-jilat, menggesekkan tubuhnya kepada Anda, dan mengeluarkan suara.

“Namun, jika hewan peliharaan Anda penurut dan cepat tidur, maka memeluk hewan peliharaan saat tidur memberikan rasa tenang dan meredakan kecemasan,” jelas Lisa Shives, MD, Sleep Expert dan Founder dari Northshore Sleep Medicine.

Kemudian, Dr Shives menyarankan, Anda yang sering kesulitan tidur, jika Anda masih tak juga tidur 15 menit setelah Anda di atas ranjang, maka berdirilah dan keluar dari kamar tidur.

“Anda bisa minum, menonton televisi, atau melakukan kegiatan lain setidaknya selama 30 menit, baru kemudian kembali ke kamar,” imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa biasanya dia juga menganjurkan klien untuk mematikan lampu kamar, telentang di atas kasur, dan melakukan latihan pernapasan.

Namun, jika ritual itu membuat Anda semakin cemas, hentikanlah.

“Lakukan kegiatan apa pun untuk membuat Anda tenang, entah yoga atau meditasi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.