Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur dengan Hewan Peliharaan, Lebih Nyenyak atau Ganggu?

Kompas.com - 15/09/2016, 21:31 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber

KOMPAS.com — Menurut studi Mayo Clinic Sleep Disorders Center, hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa jadi mengganggu karena mereka cenderung aktif pada malam hari serta pagi hari.

Hewan peliharaan, menurut studi, bersemangat melihat Anda pulang sehingga mereka ingin mengajak Anda bermain. Caranya, menjilat-jilat, menggesekkan tubuhnya kepada Anda, dan mengeluarkan suara.

“Namun, jika hewan peliharaan Anda penurut dan cepat tidur, maka memeluk hewan peliharaan saat tidur memberikan rasa tenang dan meredakan kecemasan,” jelas Lisa Shives, MD, Sleep Expert dan Founder dari Northshore Sleep Medicine.

Kemudian, Dr Shives menyarankan, Anda yang sering kesulitan tidur, jika Anda masih tak juga tidur 15 menit setelah Anda di atas ranjang, maka berdirilah dan keluar dari kamar tidur.

“Anda bisa minum, menonton televisi, atau melakukan kegiatan lain setidaknya selama 30 menit, baru kemudian kembali ke kamar,” imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa biasanya dia juga menganjurkan klien untuk mematikan lampu kamar, telentang di atas kasur, dan melakukan latihan pernapasan.

Namun, jika ritual itu membuat Anda semakin cemas, hentikanlah.

“Lakukan kegiatan apa pun untuk membuat Anda tenang, entah yoga atau meditasi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com