Kompas.com - 17/09/2016, 23:18 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Anda butuh waktu lama hingga mata terlelap? Anda baru mulai mengantuk ketika jarum jam berada pada pukul 02.00 pagi? Sebaiknya, Anda segera memperbaiki pola hidup yang membuat waktu istirahat berkurang tersebut.

Pasalnya, tidur bukanlah sebatas rutinitas harian. Manusia membutuhkan tidur berkualitas untuk keberlangsungan hidup dan merasa bahagia sepanjang hari.

Berikut empat jenis minuman yang bisa membuat atau menyulitkan Anda tertidur yang disarankan oleh Robert Oexman, Director of the Sleep to Live Institute:

Teh
Herbal teh, seperti teh lemon balm, sebanyak empat kali dalam sehari bisa membantu Anda terlelap pada malam hari. Selain itu, teh chamomile juga memberikan efek serupa.

Sebaliknya, teh berkafein justru menyebabkan Anda terjaga sepanjang malam. Sebab, kafein, seperti yang sudah Anda ketahui, meningkatkan energi pada tubuh sehingga mata pun sulit mengantuk.

Wine
Umumnya, mengonsumsi wine membuat Anda tenang dan mengantuk. Namun, minuman ini membuat tidur Anda tenang. Sebab, pengaruh alkohol pada wine mengganggu gelombang tidur menjadi lebih lambat. Akhirnya, Anda bangun dengan tubuh yang letih pada pagi hari.

Kebanyakan minum air putih
Air putih memang sangat baik untuk tubuh, tetapi terlalu banyak mengonsumsi air putih menjelang waktu tidur bisa membuat Anda bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

Alhasil, tidur pun jadi tergangggu. Jadi, sebaiknya minumlah air putih setidaknya satu jam sebelum tidur malam.

Jus ceri
Minum jus ceri pada pagi dan sore hari membantu Anda untuk lebih mudah mengantuk dan tidur lelap.

Sebab, jus ceri mengandung hormon melatonin yang membantu Anda mudah tertidur.

Salah satu studi menyebutkan bahwa orang yang rajin minum jus ceri tidur 25 menit lebih lama dan lelap dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi jus ceri ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SHAPE
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.