Kompas.com - 20/09/2016, 15:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Orang Indonesia memiliki sejumlah mitos dan kepercayaan nenek moyang yang tak berbasis ilmu pengetahuan.

Salah satu mitos yang paling populer adalah memprediksi jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut saat mengandung. Jadi, jika perut ibu hamil mancung ke depan, berarti janin yang dikandung adalah lelaki. Sebaliknya, jika perut ibu hamil lebar ke samping, berarti bayinya perempuan.

Menurut Shari Brasener, MD, seorang asisten profesor kebidanan dan sains reproduksi di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, kelamin bayi tidak ada hubungannya dengan bentuk perut ibu saat mengandung.

“Bentuk perut ibu saat hamil bukan indikator jenis kelamin bayi, Anda harus melakukan USG untuk mengetahui kelamin buah hati Anda,” terang Brasner.

Hal lain yang tidak benar, kata Brasner, menebak jenis kelamin lewat penampilan ibu hamil. Jika terlihat malas dandan dan berantakan maka bayi yang dikandung adalah anak lelaki. Lalu, jika ibu hamil terlihat cantik maka bayinya bisa jadi perempuan.

“Tidak ada teori yang menjabarkan bahwa jenis kelamin bayi bisa diketahui dari melihat kondisi ibu hamil sebatas pandangan mata,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.