Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Bentuk Perut Hamil Tidak Bisa Prediksi Jenis Kelamin Bayi

Kompas.com - 20/09/2016, 15:05 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com — Orang Indonesia memiliki sejumlah mitos dan kepercayaan nenek moyang yang tak berbasis ilmu pengetahuan.

Salah satu mitos yang paling populer adalah memprediksi jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut saat mengandung. Jadi, jika perut ibu hamil mancung ke depan, berarti janin yang dikandung adalah lelaki. Sebaliknya, jika perut ibu hamil lebar ke samping, berarti bayinya perempuan.

Menurut Shari Brasener, MD, seorang asisten profesor kebidanan dan sains reproduksi di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, kelamin bayi tidak ada hubungannya dengan bentuk perut ibu saat mengandung.

“Bentuk perut ibu saat hamil bukan indikator jenis kelamin bayi, Anda harus melakukan USG untuk mengetahui kelamin buah hati Anda,” terang Brasner.

Hal lain yang tidak benar, kata Brasner, menebak jenis kelamin lewat penampilan ibu hamil. Jika terlihat malas dandan dan berantakan maka bayi yang dikandung adalah anak lelaki. Lalu, jika ibu hamil terlihat cantik maka bayinya bisa jadi perempuan.

“Tidak ada teori yang menjabarkan bahwa jenis kelamin bayi bisa diketahui dari melihat kondisi ibu hamil sebatas pandangan mata,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com