Kompas.com - 22/09/2016, 14:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com – Rasanya hampir semua wanita telah mengetahui pentingnya tabir surya untuk perlindungan kulit dari sinar matahari, apalagi dengan letak wilayah Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa.

Sayangnya masih banyak wanita yang merasa malas memakai tabir surya dan menyepelekan pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Padahal tabir surya memiliki kandungan SPF yang sangat berguna untuk melindungi kulit dari paparan jahat ultraviolet B (UVB).

“UVB itu yang bikin kanker, kulit terbakar, memerah, panas, perih,” ujar dr Eddy Karta, SpKK, usai acara peluncuran Pond’s White Beauty di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Dia melanjutkan, dalam penggunaan SPF ini dapat diaplikasikan sesuai dengan aktivitas Anda. Jika kegiatan Anda banyak atau sering berkegiatan di luar ruangan, lebih baik gunakan SPF yang tinggi.

“SPF makin banyak, makin bagus selama tidak menimbulkan jerawat,” tuturnya.

Untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, normalnya Anda bisa menggunakan kandungan SPF 30 atau bahkan SPF 40.

Namun, jika Anda lebih sering berada di kantor, maka cukup dengan menggunakan kandungan SPF 15 untuk melawan UVB.

Selanjutnya, jika Anda telah membasuh wajah saat beraktivitas, maka sebaiknya terapkan kembali tabir surya untuk melindungi kulit.

Dia juga menjelaskan, biasanya tabir surya yang mengandung SPF tinggi tidak mengandung pelembab.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab pada wajah sebelum menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.