Kompas.com - 27/09/2016, 07:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com  Citra diri, terutama soal penampilan, dirasa sangat penting oleh sebagian besar wanita di dunia.

Pasalnya, wanita cenderung lebih sensitif mengenai kritik soal bentuk tubuh dan penampilan diri sendiri dari lingkungan sekitar.

Ternyata, rasa tidak percaya diri yang dirasakan wanita tumbuh dari cara mereka menilai penampilan orang lain yang relatif tajam ketimbang pria menilai penampilan sesamanya.

Sebuah penelitian di jurnal Economics and Human Biology mengungkapkan bahwa daya tarik seseorang sangat terkait dengan berat badan dan jender.

Studi juga menemukan bahwa wanita memiliki sifat menghakimi atas penampilan orang lain ketimbang pria.

Penelitian dari University of Surrey dan University of Oxford mengevaluasi cara pandang pria dan wanita terhadap penampilan sesamanya. Selain itu, peneliti juga mempelajari hubungan kecantikan dan ketampanan terhadap berat badan.

Hasilnya, responden wanita memiliki standar tinggi dalam mendefinisikan kecantikan dan ketampanan. Mereka cenderung lebih tajam dalam mengomentari penampilan pria dan wanita lain, terutama yang kelebihan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, pria lebih bertoleransi terhadap sesamanya yang memiliki tubuh gemuk. Namun, sikap penuh toleransi itu tidak terlihat saat menilai wanita yang cenderung gendut.

“Ini adalah studi perdana yang mempelajari hubungan antara berat badan dan daya pikat dari perspektif dua jender,” jelas Sonia Oreffice, profesor di University of Surrey.

Oreffice menyimpulkan bahwa berdasarkan studi, terdapat kaitan yang erat antara berat badan dan daya pikat seseorang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.