Kompas.com - 02/10/2016, 20:00 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Fungsi batik yang merupakan salah satu hasil dari budaya Indonesia sudah berkembang pesat, terutama dalam industri mode.

Tidak hanya berbentuk kain, kini batik juga menjadi busana ready to wear dan aksesori. Motifnya juga semakin beragam.

COO Alleira Batik,  Zaka Hamzah, mengakui bahwa dia selalu menggunakan batik dalam acara formal maupun nonformal.

“Batik, bagi saya pribadi, adalah semangat dan nafas sehari-hari saya,” tulisnya dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Zaka, batik adalah gaya hidup.

Untuk itu, dia pun menyarankan agar batik diharuskan untuk acara-acara tertentu, misalnya tertera dalam undangan resmi sehingga mewajibkan para undangan yang hadir untuk menggunakan batik.

Dalam bisnisnya sendiri, Alleira Batik turut mendukung budaya Indonesia dengan mengeluarkan koleksi yang berbeda-beda setiap tahun.

Diakui oleh Zaka, Alleira Batik selalu mengembangkan motif dari masing-masing daerah dan inovasi-inovasi lainnya.

Dia juga menuliskan bahwa hal ini sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pebisnis batik.

“Harus konsisten dengan apa yang dijalani sekarang sehingga batik tetap memiliki ruang di masyarakat Indonesia dan budaya batik tetap terlestarikan hingga masa mendatang,” tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.