Kompas.com - 07/10/2016, 16:03 WIB
Sesekali, coba gunakan aksesori ketika selfie. THINKSTOCKPHOTOSSesekali, coba gunakan aksesori ketika selfie.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
–Kalangan dewasa, remaja, bahkan anak-anak pada hari-hari ini sudah jamak melakukan selfie alias potret diri. Bahkan, mereka tak sungkan mengunggah foto-foto itu ke media sosial. Bagaimana kajiannya dari sisi psikologi?

Sejumlah psikolog dari Jerman dan Polandia pernah meneliti fenomena ini. Hasilnya, mereka menyatakan orang-oran berkepribadian ektrover dan eksibisionis ternyata cenderung lebih sering posting foto potret diri ke media sosial.

Ektrover adalah orang yang suka berinteraksi dengan orang banyak. Adapun eksibisionis ialah pribadi yang suka memamerkan anggota tubuhnya ke khalayak ramai.

Riset yang sama mendapati, wanita lebih menyukai selfie dibanding pria.

Selain itu, penelitian tersebut juga menyebutkan pria dan wanita dengan egoisme tinggi dan kurang percaya diri adalah mereka yang tidak suka membagi foto selfie-nya ke media sosial.

Seperti dimuat medicaldaily.com, Minggu (13/11/2015), riset tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.200 pria dan wanita.

Studi pertama melibatkan sekitar 750 pria dan wanita. Mereka diminta menghitung sendiri jumlah foto selfie yang sudah diunggahnya ke media sosial selama sebulan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penghitungan foto selfie dibagi menjadi tiga kategori, yaitu foto selfie sendiri, berdua dengan teman, dan bersama kelompok.

Hasilnya peserta pria dalam sebulan mem-posting potret diri sendiri ke media sosial rata-rata sebanyak 3,3 kali, sementara wanita 6,7 kali. Untuk unggahan foto selfie bersama-sama dalam grup, wanita rata-rata posting 6,7 kali dalam sebulan dan laki-laki hanya 2,6 kali.

Khusus foto selfie berdua dengan teman, wanita melakukan sekitar 1,72 per bulan, berbanding tipis dengan pria 1,2 kali per bulan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.