Kompas.com - 25/10/2016, 20:05 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kencan pertama, untuk sebagian orang, merupakan momentum penting yang bisa menentukan nasib status hubungan, apakah segera memiliki kekasih atau lanjut melajang?

Alhasil, banyak pria dan wanita mengalami panik dan gelisah menjelang kencan pertama.

Sindrom jantung berdegup kencan, sesak napas, tangan berkeringat, dan gatal-gatal bisa datang karena gugup menghadapi kencan pertama.

Menurut Angelina Saunders, penulis buku Lower Stress Naturally, kegugupan saat kencan pertama merupakan hal yang normal. Namun, Anda harus bisa meredakan dan menenangkan diri. Pasalnya, sikap grogi bisa merusak suasana romantis yang telah Anda persiapkan.

Saunders menyarankan tiga kiat untuk meredam kekhawatiran dan panik menghadapi kencan pertama, seperti berikut ini:

Latih pernapasan
Cobalah untuk melatih napas secara tepat. Lalu, hindari memilih busana atau gaun untuk kencan pertama dalam kondisi kalut dan panik.

“Salah satu cara praktis untuk memengaruhi kondisi fisik agar berangsur tenang adalah lewat lagu dan latihan napas. Jadi, sebelum benar-benar bertemu si dia. Latih napas Anda agar lebih rileks,” saran Saunders.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikan perhatian
Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh NeuroImage pada tahun 2013, melatih pikiran untuk lebih perhatian pada apa yang terjadi di depan Anda cukup efektif dalam meredakan kepanikan.

Jadi, jangan meresahkan hal-hal yang belum terjadi. Sebaliknya, cobalah berbahagia bahwa pria incaran Anda berada di depan Anda dalam suasana makan malam romantis.

Kenakan aroma lavender
Menurut studi The University of Maryland memilih aroma yang tepat untuk kencan pertama bisa membantu menenangkan perasaan Anda.

Salah satu aroma yang dianjurkan para peneliti dalam studi tersebut adalah lavender.

Sebab, lavender menebarkan wangi yang membuat tubuh serta pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber She Said
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.