Kompas.com - 27/10/2016, 15:08 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Hidup sebagai wanita di era modern ini tidaklah mudah. Sebab, berbagai tugas harus dihadapi, mulai dari pekerjaan di kantor yang selalu menumpuk, kemacetan jalan raya yang sulit diajak berdamai, serta kewajiban untuk menyiapkan makanan dan mengurus keperluan rumah.

Hal ini kadang bisa membuat kita kesal dan mudah marah tanpa alasan tertentu. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini.

Kurang tidur dan kurang istirahat

Buatlah tidur sebagai prioritas Anda. Kalau Anda ingin menjaga suasana hati, ada baiknya Anda memperhatikan kualitas dari istirahat. Sebab, badan harus beristirahat setidaknya tujuh sampai sembilan jam per hari.

Steven Lamm, MD profesor klinis dan direktur dari NYU Langone Medical Center mengatakan, tidur sangat penting untuk kesehatan Anda, ketika Anda lelah maka Anda akan merasa kesal.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein

"Kafein adalah zat kimia yang memiliki dampak yang kuat pada otak," kata Dr Lamm.

Mengonsumsi terlalu banyak kafein, dapat menyebabkan Anda lelah dan mudah marah.

Anda juga akan sangat merasa kesal bila setelah Anda mengonsumsi kopi tetapi belum bisa menyelesaikan urusan. Anda juga bisa merasa pusing kalau mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak

Merasa Gelisah

Mencemaskan pekerjaan atau acara yang akan datang bisa membuat pikiran selalu cemas, gelisah dan tidak tenang.

Jeffrey Deitz, MD, psikiater dari Frank Netter School of Medicine of Quinnipiac University New York mengatakan, ketika orang merasa gelisah, gairah mereka akan meningkat dan kecemasan tersebut akan terasa lebih mengganggu lagi.

“Bagi orang lain, mungkin hal ini terasa biasa saja, tapi mereka yang merasa gelisah, hal ini bisa membuat mereka jadi mudah marah dan suka berteriak,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.