Kompas.com - 29/10/2016, 14:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Anda menyusui atau tidak, kenyataannya tidak ada payudara natural yang tidak mengendur seiring usia, kecuali Anda telaten menjaga “aset” tersebut dengan menghindari gravitasi.

Salah satu kekhawatiran banyak wanita saat menyusui buah hati adalah bentuk payudara mengendur karena menyusui.

Menurut Matthew R. Schulman, M.D, seorang asisten profesor bedah kosmetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, penyebab payudara mengendur bukan karena Anda menyusui, melainkan kenaikan dan penurunan berat badan selama masa hamil

“Kali pertama Anda memberikan ASI biasanya payudara akan membengkak karena produksi susu. Namun, seiring waktu payudara pun akan kembali ke ukuran semula,” jelas Schulman.

Schulman menambahkan bahwa ketika Anda sudah menyapih anak, maka bentuk serta ukuran payudara akan kembali seperti sebelum hamil dan melahirkan.

Namun, kondisi itu bisa berubah jika selama menyusui Anda mengalami peningkatan atau penurunan berat badan yang signifikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.