Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2016, 06:15 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu komponen utama dalam masakan Indonesia adalah bumbu dan rempah. Sebab, bumbu ini memberikan rasa yang menggoyang lidah.

Namun, memasukkan bumbu dalam masakan tidak bisa sembarangan. Mereka harus dihaluskan terlebih dahulu agar bisa tercampur secara rata.

Bila dulu, menghaluskan bumbu harus dilakukan dengan cara mengulek, kini banyak ibu-ibu yang merasa sangat terbantu dengan adanya blender.

Sah-sah saja jika Anda mau menggunakan keduanya. Akan tetapi, Chef Stefu menekankan, saat menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender, jangan mencampurkannya dengan air.

"Pada saat membuat bumbu putih atau cabai merah giling, sebaiknya jangan mempergunakan air pada waktu memblender," ucapnya dalam acara Indonesian Cooking Class yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Sabtu (12/11/2016).

Dia melanjutkan, tidak menggunakan air saat blender alasannya adalah karena nanti pada saat Anda menumis masakan, prosesnya akan terlalu lama.

Sebab, jika diblender bersama air air, nantinya yang terjadi adalah mengurangi air terlebih dahulu sampai benar-benar hilang, baru memasak bumbu.

Memang benar bila menambahkan air dapat mempermudah proses penghalusan bumbu. Namun, hal ini juga bisa membuat bumbu menjadi tidak matang.

"Anda merasa sudah cukup lama memasak, padahal sebenarnya itu prosesnya baru menghilangkan kadar air dan bumbunya belum termasak," ucapnya.

Untuk itu, daripada menggunakan air dan membuat bumbu tidak matang, Chef Stefu menyarankan untuk memblender bumbu dengan minyak.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menambahkan minyak lagi saat memasaknya dan mempercepat proses penghalusan bumbu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com