Kompas.com - 20/11/2016, 20:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Tanpa disadari, Anda sering kali berbohong kecil dalam beberapa kondisi tertentu.

Namun, ternyata hal ini bisa berdampak negatif untuk hubungan seperti hilangnya kepercayaan dari pasangan, hancurnya sebuah hubungan, bahkan sampai kehilangan sebuah pekerjaan.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa seseorang harus berbohong?

Beberapa orang berbohong untuk melindungi perasaan seseorang yang disayangi atau untuk menyelamatkan dirinya dari hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya, berbohong tidak akan dinilai sebagai sebuah tindakan yang baik, dan sekalinya berbohong, Anda harus berbohong lagi.

Sebuah studi di University College London mengatakan, untuk setiap kebohongan yang diucapkan, rasa malu atau pun rasa bersalah seseorang akan sedikit berkurang.

Salah seorang penulis studi tersebut, Tali Sharot, PhD, juga mengatakan, ketika Anda berbohong, amigdala (sekelompok syaraf) di otak Anda menghasilkan perasaan negatif yang membatasi sejauh mana Anda siap untuk berbohong.

Namun, respon ini akan memudar ketika Anda terus berbohong, dan semakin sering berbohong, maka semakin besar juga kebohongan yang harusAnda ciptakan.

Sebab, untuk menutupi sebuah kebohongan kecil, Anda harus menutupinya dengan kebohongan lainnya dan terus seperti itu sampai menjadi kebohongan yang sangat besar.

Lebih mengagetkannya lagi, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog di University of Virginia Bella Depaulo, PhD, menemukan bahwa seseorang berbohong minimal sekali sampai dua kali setiap harinya secara tidak sadar.

Coba ingat kembali semua ucapan Anda hari ini. Berapa kalikah Anda berbohong, baik sengaja maupun tidak sengaja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.