Kompas.com - 21/11/2016, 06:10 WIB
Chef Kiky Ceria dalam Korean Cooking Class with Modena Chef. Chef Kiky Ceria dalam Korean Cooking Class with Modena Chef.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Wanita yang suka memasak pasti mengetahui bahwa bumbu kering jauh lebih praktis dan awet daripada bumbu mentah yang masih belum diolah. Namun, tahukah Anda cara tepat untuk menyimpannya agar lebih maksimal?

Walaupun sudah dikeringkan sekalipun, seringkali bumbu yang ada di lemari dapur berjamur atau menggumpal. Bila hal ini terjadi, sudah pasti bumbu tersebut tidak bisa dipakai lagi dan harus segera dibuang.

Chef Kiky Ceria yang ditemui dalam Korean Cooking Class yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Jakarta, Kamis (17/11/2016) memberikan beberapa nasihat mengenai cara menyimpan bumbu kering yang tepat.

Dia berkata bahwa bumbu kering yang sudah dibuka harus dimasukkan ke dalam kulkas.

“Kalau bumbu kering terkena udara luar, dia akan menggumpal. Lihat saja bawang putih bubuk, kalau sudah lama di luar, dia pasti menggumpal karena ada uap air yang masuk ke dalam kemasan. Tidak lama kemudian, bawang putih ini akan berjamur,” ucapnya.

Selain, bawang putih bubuk, cara penyimpanan ini juga harus digunakan untuk rempah-rempah seperti oregano, thyme, dan lain-lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu bumbu kering sudah dibuka, maka Anda harus segera menyimpannya ke dalam kulkas, kecuali bila dipakai setiap hari. Dengan demikian, bumbu akan habis sebelum sempat berjamur.

“Namun, kalau pakainya arisan saja, buru-buru deh masukkan kulkas. Mahal itu harganya,” ujar Chef Kiky sambil tertawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.