Kompas.com - 22/11/2016, 07:21 WIB
Kulit kering merupakan salah satu penyebab kerutan dini. THINKSTOCK.COMKulit kering merupakan salah satu penyebab kerutan dini.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Coba perhatikan wajah Anda di depan cermin. Jika sebagian kulit terlihat agak mengelupas dan kemerahan, bisa jadi wajah sedang mengalami kekeringan. Kelembaban kulit berkurang sehingga lapisan luarnya mengelupas.

Keadaan semakin mengkhawatirkan jika kulit terasa kasar saat disentuh. Berarti, kulit wajah harus segera dilembabkan. Kalau tidak, kemungkinan beragam masalah kulit lain turut berdatangan.

Salah satunya adalah kerutan di wajah. Kerutan merupakan satu dari banyak "hal menakutkan" bagi kaum hawa. Pasalnya, kerutan identik dengan kesan "tua".

Jika kulit dibiarkan kering dalam jangka waktu tertentu, proses penuaan—berupa munculnya keriput—semakin cepat terjadi. Lebih parah, garis-garis halus yang tadinya tak terlalu terlihat akan berkembang nyata menjadi kerutan.

"Peradangan kronis tingkat rendah terjadi ketika lapisan kulit bagian atas terganggu, seperti pada kulit kering," ucap ahli dermatologi asal New York, AS, Whitney Bowe, dikutip situs web Good Housekeeping, Selasa (27/10/2015).

Keadaan tersebut, lanjut Bowe, akan menyebabkan kerusakan kolagen sehingga mempercepat penuaan. Kolagen merupakan protein dalam tubuh manusia, yang pada kulit berfungsi antara lain menjaga elastisitas dan kekenyalan.

Karena itu, kulit wajah perlu mendapat perhatian khusus agar terhindar dari kondisi kering, terutama bagi kulit kerap yang terpapar pendingin ruangan seharian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perawatan rutin

Perawatan pada pagi hari—sebelum mulai aktivitas—sebaiknya dilengkapi dengan pelembab wajah. Bagi kulit kering, jenis krim patut dipilih karena pelembap ini teksturnya lebih padat dan mengandung lebih banyak oil atau minyak.

"Semakin banyak kandungan minyak dalam pelembab, makin baik pula proses penyerapan yang dilakukan kulit untuk melembabkan jaringan dalam kulit," kata ahli dermatologi kecantikan Paul Jarrod Frank kepada huffingtonpost.com, Selasa (4/2/2014).

Thinkstock Daerah sekitar mata memerlukan krim pelembap khusus karena kulit di area ini lebih tipis daripada bagian lain pada wajah.

Meski demikian, lanjut Frank, kondisi iklim tempat tinggal turut mempengaruhi pilihan jenis pelembab. Bagi orang yang tinggal di tempat lembab, pelembab berbahan lebih ringan seperti gel sudah cukup melembapkan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.