Kompas.com - 25/11/2016, 14:04 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Terkadang beberapa orangtua berpikir bahwa mainan tidak terlalu penting untuk anak sehingga mereka membelinya hanya sekadarnya saja. Mereka beranggapan yang terpenting mainannya sudah ada dan anak berhenti merengek.

Namun, ternyata ada hal-hal yang harus Anda perhatikan saat membeli mainan anak, seperti halnya kualitas dari mainan itu sendiri.

“Sangat penting untuk melihat kualitas mainan,” ucap Lina Paulina, Vice President Mothercare dan Early Learning Centre (ELC) usai acara peluncuran koleksi Chrismast Toys ELC di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Menurut Lina, hal ini penting karena mainan adalah salah satu benda yang bersentuhan langsung dengan anak.

Oleh karena itu, Anda harus teliti memeriksa kualitas mainan melalui bahan atau material mainan dan asal-usul pewarnaannya.

Lina mencontohkan, Early Learning Centre (ELC) membuat mainan yang terbuat dari Origin plastik. Plastik tersebut merupakan plastik asli atau baru dan bukan plastik daur ulang.

“Kalau mainan yang berbahan dari plastik daur ulang itu sebenarnya nggak bagus untuk anak-anak karena bisa saja ada bahan kimianya,” jelasnya.

Kemudian, cari tahu mengenai cat yang digunakan atau pilih mainan antitoxic (tidak beracun) sehingga aman digunakan anak-anak.

“Jadi, kalau anak-anak suka gigit-gigit atau dimasukkan ke dalam mulut, (mainan) itu tetap aman untuk anak-anak,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.