Kompas.com - 10/12/2016, 17:04 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Banyaknya kekerasan yang terjadi di Indonesia merupakan salah satu masalah yang harus segera diselesaikan. Sebab, jika permasalahan ini tidak diselesaikan, maka jumlah wanita yang menjadi korban akan terus bertambah.

Untuk itu, Psikolog, Igaa Jackie Viemilewati, M.A., M.Psi., Psikolog, meminta wanita yang menjadi korban untuk mengetahui kekerasan yang dialaminya sebagai langkah pertama.

“Cara mengatasinya pertama kali adalah membuat dia (wanita) paham yang dialami adalah kekerasan,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui usai Seminar Publik: Akuntabilitas Pelibatan Laki-laki dalam Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Mungkin pada saat ini Anda heran, bagaimana seseorang tidak menyadari bahwa dia sedang menjadi korban kekerasan?

Hal ini disebabkan oleh berbagai macam bentuk kekerasan yang tidak harus mengakibatkan luka fisik.

Jackie menekankan, jangan sampai ada ambiguitas antara penyampaian pelaku bahwa yang dilakukan adalah bentuk kasih sayang, padahal itu termasuk kekerasan. 

Oleh karena itu, wanita harus paham mengenai kekerasan yang dialaminya dan bahwa kekerasan tersebut tidak dapat diterima. Wanita harus yakin bahwa dia tidak pantas untuk mendapatkan kekerasan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menyadarinya, langkah berikutnya adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri untuk keluar dari kekerasan.

“Biasanya untuk keluar dari rasa itu, dia membutuhkan dukungan yang kuat untuk menarik dia keluar dari masalah tersebut,” tambahnya.

Ketika seorang wanita telah mengalami kekerasan, maka orang-orang yang berada di sekelilingnya harus memberikan semangat yang lebih kepada dia, terutama dari keluarga dan teman-teman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.