Kompas.com - 18/12/2016, 11:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Sebuah studi melaporkan bahwa hubungan anak dan orangtua di era teknologi seperti sekarang mengalami penurunan.

James Steyer, CEO di Common Sense Media mengatakan, lebih kurang 1.800 orangtua di AS menghabiskan waktu bermain gadget selama sembilan jam dalam sehari.

Waktu tersebut lebih banyak dihabiskan untuk bermain media sosial ketimbang bekerja.

Steyer mengatakan bahwa lingkungan pertama yang dikenal dan diadaptasi oleh anak adalah keluarga di rumah.

Jadi, apabila orangtua lebih banyak menghabiskan waktu bermain gadget, maka anak pun akan meniru kebiasaan serupa.

Oleh karena itu, Steyer menganjurkan bahwa sosialisasi pembatasan waktu bermain gadget tidak hanya ditujukan pada anak, tetapi juga disampaian kepada orangtua.

Pada survei yang dilakukan Common Sense Media, sebanyak 78 persen orangtua mengaku bahwa mereka telah memberikan contoh yang baik mengenai aturan bermain gadget pada anak.

Michael Robb, seorang direktur dari Common Sense Media, menguraikan bahwa efek berlebihan bermain gadget pada orangtua berakhir berbeda daripada anak.

“Orangtua memberikan aturan dan disiplin pada anak, tetapi mereka tidak memberikan contoh sesuai dengan aturan tersebut. Jadi, mengakibatkan konflik,” terang Robb.

Steyer pun menyarankan bahwa selain waktu orangtua pun juga harus menerapkan aturan lokasi bebas gadget.

“Waktu makan malam, waktu bersama keluarga sebelum tidur malam, dan berdoa lebih baik tidak ada intervensi gadget, baik orangtua maupun anak,” pungkas Steyer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.