Kompas.com - 20/12/2016, 08:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Salah satu perancang busana ternama di Indonesia, Ghea Panggabean, telah menggeluti dunia mode Tanah Air hingga mancanegara selama 35 tahun dan masih berlanjut hingga sekarang.

Konsistensi Ghea dibuktikan dengan menggelar pergelaran busana setiap tahun yang menghadirkan koleksi baru menghadirkan beragam motif kekayaan kain Indonesia.

“Jadi, inspirasi saya datanganya dari kain antik. Jumputan merupakan salah satu kesukaan dari awal karir saya,” ujar Ghea usai acara Kenal Lebih Dekat dengan Ghea Panggabean di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada awalnya, Ghea mengakui bahwa dia sangat senang mengumpulkan kain-kain antik dari Indonesia.

Kemudian, hobi itu menggerakkannya untuk mempopulerkan kecantikan kain Indonesia kepada dunia.

Oleh karena itu, Ghea juga merancang busana ready to wear dengan teknik cetak. Lalu, Ghea juga hadirkan koleksi kain yang terinspirasi dari kain kuno teknik cetak dalam versi modern.

“Menggunakan teknik cetak ini karena untuk busana ready to wear. Sebab, kalau kain antik digunting-gunting itu sayang,” ujarnya.

Dalam menciptakan dan membuat kain, Ghea bekerjasama dengan para perajin daerah. 

Selain cetak, Ghea juga menggunakan teknik printing untuk membuat busana ready to wear dengan motif antik.

DOC. Ghea Panggabean Koleksi table ware yang didesain oleh Ghea Panggabean, dengan motif jumputan palembang.

Motif kain antik ini tidak hanya diimplementasikan Ghea pada koleksi busana saja, tetapi juga saat dia merancang kain antik pada perangkat makan minum yang terbuat dari porselen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.