Kompas.com - 20/12/2016, 20:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Media sosial merupakan sumber komunikasi dan informasi yang bertujuan untuk menjalin hubungan kembali dengan teman lama atau saudara jauh yang jarang Anda temui.

Seiring waktu, fungsi media sosial mengalami pergeseran yaitu menjadi sumber dan wadah ekspresi si pemilik akun tanpa memikirkan perasaan orang lain yang masuk dalam lingkup pertemanannya.

Sebuah survei yang digagas oleh University of Essex terhadap 3.500 anak-anak usia 10 hingga 15 tahun mengungkapkan efek negatif dari media sosial.

Ternyata,  setengah dari responden yang menghabiskan waktu main media sosial, Facebook, lebih dari tiga jam dalam sehari merasa diri tidak cantik dan tampan.

Sebaliknya, lebih dari 82 persen responden yang tidak bermain media sosial atau memainkannya kurang dari tiga jam sehari mengatakan bahwa mereka sangat percaya diri dengan penampilan masing-masing.

Survei juga menemukan bahwa kebanyakan para pengguna Twitter mengaku, tidak bahagia dalam hubungan pertemanan mereka.

Ternyata, sekurang-kurangnya 20 persen dari mereka pernah memiliki pengalaman dicela dan diolok-olok di Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, efek yang paling buruk adalah anak yang terlalu sering bermain media sosial mudah bertengkar dan memberikan perangai buruk kepada orangtua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.