Kompas.com - 22/12/2016, 15:14 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Memang benar bahwa proses tumbuh kembang anak yang ideal membutuhkan sosok ayah dan ibu dalam hidupnya. Ratih Ibrahim, seorang psikolog dan pendiri Personal Growth pun mengakui hal ini.

Walaupun demikian, ibu tunggal (single mother) juga tidak perlu berkecil hati. Sebab, anak yang dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang berperan baik juga memiliki kelebihannya sendiri.

Melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Rabu (21/12/2016), Ratih berkata bahwa selama ibu tunggal dapat berperan dengan baik, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tangguh, dan bertanggung jawab.

Dia melanjutkan, anak juga akan lebih mencintai dan menghormati ibunya.

Lalu, rasa cinta, menyayangi dan menghargai ini juga akan diterapkannya kelak ketika berkeluarga.

Selain itu, proses pengasuhan anak oleh ibu tunggal dibantu oleh keluarga besar seperti nenek atau kakek, anak juga akan menjadi lebih dekat dengan kerabatnya.

Namun, perlu diingat juga bahwa kedekatan anak dengan kerabatnya ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kualitas relasi dan perlakuan mereka kepada anak, serta intensitas perjumpaan yang menentukan kualitasnya.

“Bisa jadi kualitas dan kedekatan anak disebabkan lantaran tidak ada pilihan lain dan lantaran anak terbiasa dengan siapa,” tulis Ratih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.