Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2016, 19:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com –- Berbicara mengenai anak, sesuai dengan UU Perlindungan anak no 23 dan no 35 tahun 2014, anak adalah seseorang yang berusia hingga 18 tahun, termasuk anak yang berada dalam kandungan.

Menurut Kepala PKIA Kiara RSCM, dr Rina menjelaskan bahwa peranan Ibu sangatlah penting dalam tumbuh kembang anak selama 1000 hari pertama sejak kehamilan.

“Seorang ibu dan juga keluarga itu mesti tahu, bahwa untuk mendapatkan anak yang optimal, itu harus memberikan asih, asah, dan asuh,” ujarnya kepada Kompas.com usai acara peringatan Hari Ibu di PKIA Kiara RSCM Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Dia melanjutkan, setidaknya mulai merencanakan untuk tumbuh kembang anak mulai dari kehamilan karena masa kehamilan sendiri dihitung satu per tiga dari masa 1000 hari tersebut dan dua per tiga sisanya atau dua tahun pertama merupakan masa bertumbuh otak pada anak.

Lalu, dr Rina juga menjelaskan, untuk asih sendiri itu bisa dilakukan Ibu dengan cara menyayangi anak, memberikan rasa aman, harga diri, kebebasan, dan anak tidak ditelantarkan.

“Kalau asah, anak diberikan pendidikan, terutama pendidikan hal-hal yang baik, supaya otak ini diberikan isi yang bagus,” ujarnya.

Sementara itu, asuh merupakan pemenuhan nutrisi, imunisasi, pakaian, perumahan, dan pelayanan kesehatan untuk anak.

“Dalam asuh sendiri, termasuk kalau ada kelainan, Ibunya harus membawa anak tersebut ke dokter,” pungkasnya.

Untuk itu, dia juga menjelaskan bahwa PKIA Kiara RSCM ini juga memiliki tugas untuk fokus menangani ibu dan anak, serta membantu pemerintah yang ingin memiliki generasi masa depan yang bagus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com