Kompas.com - 22/12/2016, 19:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com –- Berbicara mengenai anak, sesuai dengan UU Perlindungan anak no 23 dan no 35 tahun 2014, anak adalah seseorang yang berusia hingga 18 tahun, termasuk anak yang berada dalam kandungan.

Menurut Kepala PKIA Kiara RSCM, dr Rina menjelaskan bahwa peranan Ibu sangatlah penting dalam tumbuh kembang anak selama 1000 hari pertama sejak kehamilan.

“Seorang ibu dan juga keluarga itu mesti tahu, bahwa untuk mendapatkan anak yang optimal, itu harus memberikan asih, asah, dan asuh,” ujarnya kepada Kompas.com usai acara peringatan Hari Ibu di PKIA Kiara RSCM Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Dia melanjutkan, setidaknya mulai merencanakan untuk tumbuh kembang anak mulai dari kehamilan karena masa kehamilan sendiri dihitung satu per tiga dari masa 1000 hari tersebut dan dua per tiga sisanya atau dua tahun pertama merupakan masa bertumbuh otak pada anak.

Lalu, dr Rina juga menjelaskan, untuk asih sendiri itu bisa dilakukan Ibu dengan cara menyayangi anak, memberikan rasa aman, harga diri, kebebasan, dan anak tidak ditelantarkan.

“Kalau asah, anak diberikan pendidikan, terutama pendidikan hal-hal yang baik, supaya otak ini diberikan isi yang bagus,” ujarnya.

Sementara itu, asuh merupakan pemenuhan nutrisi, imunisasi, pakaian, perumahan, dan pelayanan kesehatan untuk anak.

“Dalam asuh sendiri, termasuk kalau ada kelainan, Ibunya harus membawa anak tersebut ke dokter,” pungkasnya.

Untuk itu, dia juga menjelaskan bahwa PKIA Kiara RSCM ini juga memiliki tugas untuk fokus menangani ibu dan anak, serta membantu pemerintah yang ingin memiliki generasi masa depan yang bagus. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.