Kompas.com - 23/12/2016, 17:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com –- Memberikan anak pendidikan sejak dini sangat penting untuk pola pikir mereka ke depannya. Pendidikan yang diberikan tidak hanya di bangku sekolah, tetapi juga dari orangtua dan lingkungan di sekitar anak.

Salah satu pelajaran yang harus ditanamkan kepada anak sejak kecil adalah pentingnya mengetahui, memahami, dan menghargai satu sama lainnya.

Sebab, dalam kehidupan sehari-hari tentu mereka akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda dari diri mereka sendiri dan keluarganya.

Selain itu, sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi keberagaman, anak juga akan bertemu dengan berbagai macam ras, suku, agama, dan golongan dalam setiap langkah kehidupannya.

Namun, bagaimanakah cara yang tepat untuk mengajarkannya kepada anak?

“Isu sensitif seperti SARA dapat dibiasakan pada anak dengan cara membiasakan anak untuk menerima perbedaan,” tulis Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi., kepada Kompas.com dalam surat elektronik, Jumat (2/12/2016).

Selain itu, menurut Vera, dengan mengajarkan mereka mengenai adanya perbedaan ini juga dapat membantu anak untuk menoleransi perbedaan yang ditemui di lingkungannya.

Lalu, orangtua juga bisa mencontohkan bagaimana cara menghargai keberagaman yang ada di Indonesia ini dari perayaan hari besar agama melalui perilaku dan ucapan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, anak-anak belajar dengan meniru orangtuanya.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan orangtua dalam mengajarkan toleransi, tetapi contoh di atas adalah sebuah permulaan yang baik.

Dengan demikian, anak bisa menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan sehingga ke depannya bertumbuh menjadi seseorang yang menghargai sesamanya dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.