Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Cari Uang, Suami Pengangguran, Apa Solusinya?

Kompas.com - 28/12/2016, 10:25 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Dalam menjalankan kehidupan berkeluarga, tentu saja banyak masalah yang dihadapi, salah satunya adalah keuangan keluarga.

Biasanya, setelah memiliki seorang anak, kebutuhan keluarga pun bertambah.

Nana Gerhana, MPsi, psikolog, menjelaskan bahwa fungsi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi pada suami dan istri era modern seperti sekarang lebih luas dan tidak lagi kaku.

“Kita sering kali menemui istri yang memiliki karier pekerjaan dan finansial yang jauh lebih baik dari sang suami,” urai Nana dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com.

Dia melanjutkan, apabila penghasilan istri lebih besar, hal itu sebenarnya tidak menjadi masalah, jika aturan berbagi tugas diterapkan dengan komitmen yang benar.

Namun, jika seorang istri dipaksa untuk bekerja atau suami tidak berusaha untuk mencari nafkah, maka hal ini perlu menjadi pertimbangan.

“Lakukan proses negosiasi untuk mencari solusi terbaik. Jika solusi tidak ditemukan, maka suami istri dapat berkonsultasi dengan pihak ketiga,” imbuhnya.

Pihak ketiga yang dimaksudkan oleh Nana antara lain adalah konselor pernikahan, keluarga, dan sosok yang mampu membantu mencari jalan keluar.

Kemudian, Nana juga menekankan, suami-istri diharapkan bisa tetap menjalankan fungsi-fungsi yang benar dalam berumah tangga.

Hal yang paling penting adalah tidak ada tugas yang terbengkalai dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com