Kompas.com - 28/12/2016, 10:25 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com — Dalam menjalankan kehidupan berkeluarga, tentu saja banyak masalah yang dihadapi, salah satunya adalah keuangan keluarga.

Biasanya, setelah memiliki seorang anak, kebutuhan keluarga pun bertambah.

Nana Gerhana, MPsi, psikolog, menjelaskan bahwa fungsi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi pada suami dan istri era modern seperti sekarang lebih luas dan tidak lagi kaku.

“Kita sering kali menemui istri yang memiliki karier pekerjaan dan finansial yang jauh lebih baik dari sang suami,” urai Nana dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com.

Dia melanjutkan, apabila penghasilan istri lebih besar, hal itu sebenarnya tidak menjadi masalah, jika aturan berbagi tugas diterapkan dengan komitmen yang benar.

Namun, jika seorang istri dipaksa untuk bekerja atau suami tidak berusaha untuk mencari nafkah, maka hal ini perlu menjadi pertimbangan.

“Lakukan proses negosiasi untuk mencari solusi terbaik. Jika solusi tidak ditemukan, maka suami istri dapat berkonsultasi dengan pihak ketiga,” imbuhnya.

Pihak ketiga yang dimaksudkan oleh Nana antara lain adalah konselor pernikahan, keluarga, dan sosok yang mampu membantu mencari jalan keluar.

Kemudian, Nana juga menekankan, suami-istri diharapkan bisa tetap menjalankan fungsi-fungsi yang benar dalam berumah tangga.

Hal yang paling penting adalah tidak ada tugas yang terbengkalai dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.