Kompas.com - 03/01/2017, 14:39 WIB
Anak-anak menerima Kartu Identitas Anak di Kota Solo, Kamis (29/12/2016). Anggita MuslimahAnak-anak menerima Kartu Identitas Anak di Kota Solo, Kamis (29/12/2016).
|
Editor Syafrina Syaaf

 

SURAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka menuju Kota Layak Anak (KLA), Kota Surakarta memberikan fasilitas pada anak agar hak-hak mereka terpenuhi, salah satunya adalah dengan adanya Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

KIA ini sebelumnya sudah ada di Surakarta dan dikenal dengan sebutan Kartu Insentiv Anak.

Kemudian, nama itu pun berganti menjadi Kartu Identitas Anak yang bisa digunakan oleh anak di seluruh pelosok Indonesia.

“Kartu Identitas Anak berfungsi sebagai upaya peningkatakan cakupan pemilikan akte, syarat untuk memiliki KIA harus bikin akte kelahiran,” ujar Suwarta dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta (Dispendukcapil), saat ditemui di Kota Solo.

Anggita Muslimah Anak-anak menerima Kartu Identitas Anak di Kota Solo, Kamis (29/12/2016).

Dia lanjut menjelaskan bahwa dengan adanya KIA ini dapat mempercepat kesejahteraan anak, juga memotivasi anak-anak memiliki akte kelahiran.

Anak-anak yang memiliki KIA, kata Suwarta, mereka bisa memanfaatkannya untuk keringanan berbelanja alias dapat diskon.

“51 mitra pelaku usaha yang bekerja sama, mulai dari pendidikan, bisa beli buku di solo dpt diskon besarannya bervariasi,” urainya.

Selain untuk membeli buku, bagi anak-anak Kota Solo yang sudah memiliki KIA, tentu mereka akan mendapatkan potongan harga saat membeli busana di beberapa toko, kuliner, wisata, olahraga, dan kesehatan.

Namun, satu hal yang perlu digaris bawahi adalah potongan harga ini tidak terdapat disemua toko. Namun, di toko yang telah bekerja sama.

Diskon yang diberikan pun beragam, mulai dari lima hingga 50 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.