Kompas.com - 09/01/2017, 21:35 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mempertahankan gairah seks setelah menikah lebih dari tiga tahun bisa jadi tidak mudah untuk pasangan suami istri.

Padahal, hubungan seksual merupakan salah satu landasan keharmonisan rumahtangga. Jadi, otomatis kala gairah seks pada, maka kelanggengan hubungna pun bisa terganggu.

Menurut Dr Birgit M. Fisher, seorang psikolog klinis untuk perawatan kelainan seksual dan seorang profesor di University of the Rookies, serangan jenuh dan lelah biasa terjadi pada pasangan suami istri setelah kelahiran anak pertama.

Kurang tidur dan kelelahan mengurus anak memberikan dampak negatif pada ayah ibu baru.

Namun, padamnya gairah seksual itu lebih banyak dialami oleh para wanita ketimbang pria.

“Ibu yang baru melahirkan mengalami perubahan psikis ditambah dengan keletihan dan kurang tidur,” ujar Fisher.

Lalu, dia menambahkan bahwa menyusui meningkatkan level prolaktin, hormon yang menstimulasi produksi susu, tetapi menurunkan birahi seksual.

Selain itu, bentuk tubuh usai melahirkan acap kali menimbulkan rasa tidak percaya diri pada para istri.

“Peran suami sangat penting untuk mengembalikan kepercayan diri wanita untuk kembali rutin bercinta. Namun, soal keletihan, para ayah ibu baru harus mau meluangkan waktu berdua saja demi menjaga kehangatan hubungan lewat berhuhungan seksual,” urainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.