Kompas.com - 14/01/2017, 10:36 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Penggunaan media sosial adalah wadah yang sangat tepat untuk tetap berhubungan dan bersilaturahmi dengan teman-teman dan keluarga, sambil berbagi informasi, dan juga hobi Anda.

Namun, media sosial juga bisa menguras waktu dan emosi Anda, apalagi kalau dilakukan setiap saat.

Di bawah ini adalah beberapa cara sehat untuk bersahabat dengan media sosial.

Hindari terjebak ke dalam lubang hitam media sosial

Ketika Anda sedang merasa sedih, sebaiknya hindari melihat beberapa update dari teman-teman Anda ataupun keluarga yang ada di media sosial.

Seorang pakar hubungan di New York, April Masini, mengatakan, media sosial bisa menyebabkan Anda mengasihani diri sendiri dan sedih.

Sebagai contoh adalah ketika hubungan Anda sedang bermasalah, tentu melihat kemesraan pasangan lain serasa menabur garam pada luka.

Ingatlah bahwa hidup bukan semata-mata di dunia maya

Seorang konselor profesional di Argosy Unversity, Chinwe Williams, PhD, mengatakan bahwa pasangan atau teman akan merasa keberatan setiap Anda terlihat lebih fokus pada gadget, ketimbang dirinya.

Jauhkan diri Anda dari teknologi untuk mendapatkan komunikasi di dunia nyata.

Kehidupan yang Anda lihat di media sosial belum tentu akurat

Seorang spesialis media sosial, Jodie Cook, mengatakan, tidak semua hal yang ada di media sosial itu benar. Bahkan, hampir semua orang mengubah foto asli mereka, seperti menambahkan sedikit cahaya atau menghilangkan beberapa kerutan dan jerawat di wajah.

Bukan hanya itu, terkadang beberapa orang juga dengan sengaja menampilkan kesuksesan mereka di media sosial, walaupun belum tentu sesuai dengan kenyataan yang ada. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.