Kompas.com - 14/01/2017, 11:36 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Banyak yang mengatakan bahwa wanita yang hamil seringkali lebih sensitif. Mereka menjadi lebih sering menangis dan marah dibanding biasanya. Sebenarnya, apakah penyebabnya?

Hal ini dijawab oleh seorang psikolog, Bona Sardo MPsi, yang berkata bahwa wanita yang sedang hamil sangat membutuhkan kasih sayang.

“Kalau wanita hamil kurang kasih sayang, efeknya nanti ketika dia melahirkan, kemungkinan besar muncul postpartum depression atau baby blues syndrome,” jelas Bona usai acara Kasih Sayang, Kasih Dove: Ekspresikan Kasih Sayang ke Orang Terdekat di Jakarta, Kamis (12/1/2017)

Dia melanjutkan, seorang istri, seorang ibu, atau ibu baru yang sedang hamil ini membutuhkan perhatian yang lebih tidak hanya dari suami, tetapi juga orang-orang terdekatnya.

“Sebenarnya dia hanya membutuhkan perhatian aja. Nah, ketika itu tidak didapatkan, dia akan merasa ketakutan atau kecemasan yang luar biasa,” jelasnya.

Bahkan, Bona menekankan, bisa saja ibu tersebut setelah melahirkan menjadi takut untuk mengurus atau memegang anaknya.

Maka dari itu, agar tidak terjadi hal seperti ini, ibu hamil harus mendapatkan perhatian yang lebih dari suami dan keluarganya.

“Jadi, sangat penting sekali untuk ibu-ibu hamil, apalagi periode sudah mau melahirkan, untuk diberi perhatian yang besar dalam bentuk ekspresi kasih sayang,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.