Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2017, 11:36 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Banyak yang mengatakan bahwa wanita yang hamil seringkali lebih sensitif. Mereka menjadi lebih sering menangis dan marah dibanding biasanya. Sebenarnya, apakah penyebabnya?

Hal ini dijawab oleh seorang psikolog, Bona Sardo MPsi, yang berkata bahwa wanita yang sedang hamil sangat membutuhkan kasih sayang.

“Kalau wanita hamil kurang kasih sayang, efeknya nanti ketika dia melahirkan, kemungkinan besar muncul postpartum depression atau baby blues syndrome,” jelas Bona usai acara Kasih Sayang, Kasih Dove: Ekspresikan Kasih Sayang ke Orang Terdekat di Jakarta, Kamis (12/1/2017)

Dia melanjutkan, seorang istri, seorang ibu, atau ibu baru yang sedang hamil ini membutuhkan perhatian yang lebih tidak hanya dari suami, tetapi juga orang-orang terdekatnya.

“Sebenarnya dia hanya membutuhkan perhatian aja. Nah, ketika itu tidak didapatkan, dia akan merasa ketakutan atau kecemasan yang luar biasa,” jelasnya.

Bahkan, Bona menekankan, bisa saja ibu tersebut setelah melahirkan menjadi takut untuk mengurus atau memegang anaknya.

Maka dari itu, agar tidak terjadi hal seperti ini, ibu hamil harus mendapatkan perhatian yang lebih dari suami dan keluarganya.

“Jadi, sangat penting sekali untuk ibu-ibu hamil, apalagi periode sudah mau melahirkan, untuk diberi perhatian yang besar dalam bentuk ekspresi kasih sayang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com