Kompas.com - 16/01/2017, 07:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Tahun baru gaji baru, kenapa tidak? Para pakar mengatakan bahwa waktu paling tepat untuk meminta kenaikan gaji pada atasan dan perusahaan adalah pada bulan Januari.

Berdasarkan data dari LinkedIn, bulan Januari merupakan waktu perusahaan melakukan aktivitas dan pemetaan karyawan untuk promosi jabatan.

Jadi, apabila Anda telah menjadi andalan si bos, maka bulan Januari bisa menjadi momen yang tepat untuk peningkatan jabatan dan penghasilan.  

“Siklus evaluasi kerja yang dilakukan pada akhir tahun menghasilkan informasi mengenai potensi karyawan. Jadi, apabila Anda mendapatkan nilai yang bagus, maka bulan Januari merupakan waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji,” jelas Lydia Frank, seorang wakil presiden pada PayScale.com.

Menurut Todd Dewett, seorang konsultan karier, perusahaan berada dalam suasana inspiratif dan penuh percaya diri dalam menghadapi persaingan bisnis.

Jadi, apabila Anda memang memiliki pencapaian kerja yang cemerlang dan melampaui target, maka Anda mempunyai “amunisi” untuk bernegosiasi ulang dengan perusahaan mengenai kompensasi serta bonus.

“Karyawan yang memang percaya diri berdasarkan data pencapaian pasti akan meminta kenaikan kompensasi, terutama jika mereka memang punya kekuatan potensi,” jelas Dewet.

Scott Dobroski, seorang ahli analisis tren pasar dari Glassdoor, mengatakan bahwa karyawan yang punya kinerja baik, mencapai target, dan berpotensi memberikan keuntungan, segeralah bertindak untuk meminta pengembangan kesejahteraan pada bulan Januari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber time.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.