Kompas.com - 17/01/2017, 16:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com -- Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan, seperti yang dilakukan oleh perancang busana Indonesia Tina Andrean.

Pada awalnya, Tina merupakan seorang perancang busana pengantin, tetapi kini dia juga merambah ke busana batik dengan berbagai macam model ready to wear.

Bagi Tina, batik merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang memiliki karakteristiknya masing-masing.

“Batik Betawi menurut aku itu cute banget karena penampilannya sangat jenaka,” ujar Tina dalam acara konferensi pers peragaan busana koleksi terbaru dari Heritage Culture di Hotel Hermitage Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia melanjutkan, Batik Betawi hadir dengan beragam motif seperti ondel-ondel, rusa, kebun binatang, orang-orangan, dan masih banyak motif lainnya.

Oleh karena itu, batik Betawi ini sangat cocok untuk digunakan dalam berkegiatan sehari-hari, seperti ke mall atau acara pertemuan keluarga.

Sementara itu, motif kain batik Pekalongan biasanya memiliki perpaduan warna yang lebih cerah dan berani sehingga sangat cocok digunakan untuk acara semi formal.

Terakhir adalah batik Solo yang lebih tradisional sehingga lebih cocok untuk acara yang lebih formal.

“Ini merupakan tantangan untuk saya, memadupadankan karakter dari setiap kain batik yang akan dibuat menjadi sebuah busana. Namun, saya akan selalu melihat dari warna dan motifnya terlebih dahulu,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.