Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Batik Betawi, Batik Pekalongan, dan Batik Solo

Kompas.com - 17/01/2017, 16:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus terus dilestarikan, seperti yang dilakukan oleh perancang busana Indonesia Tina Andrean.

Pada awalnya, Tina merupakan seorang perancang busana pengantin, tetapi kini dia juga merambah ke busana batik dengan berbagai macam model ready to wear.

Bagi Tina, batik merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang memiliki karakteristiknya masing-masing.

“Batik Betawi menurut aku itu cute banget karena penampilannya sangat jenaka,” ujar Tina dalam acara konferensi pers peragaan busana koleksi terbaru dari Heritage Culture di Hotel Hermitage Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia melanjutkan, Batik Betawi hadir dengan beragam motif seperti ondel-ondel, rusa, kebun binatang, orang-orangan, dan masih banyak motif lainnya.

Oleh karena itu, batik Betawi ini sangat cocok untuk digunakan dalam berkegiatan sehari-hari, seperti ke mall atau acara pertemuan keluarga.

Sementara itu, motif kain batik Pekalongan biasanya memiliki perpaduan warna yang lebih cerah dan berani sehingga sangat cocok digunakan untuk acara semi formal.

Terakhir adalah batik Solo yang lebih tradisional sehingga lebih cocok untuk acara yang lebih formal.

“Ini merupakan tantangan untuk saya, memadupadankan karakter dari setiap kain batik yang akan dibuat menjadi sebuah busana. Namun, saya akan selalu melihat dari warna dan motifnya terlebih dahulu,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com