Kompas.com - 18/01/2017, 16:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Ketika anak mulai kecanduan gadget, di sinilah orangtua harus memainkan perannya.

Sebenarnya, orangtua harus memiliki persiapan panjang kala mengenalkan anak dengan gadget. Sebab, seperti yang dikatakan oleh Najelaa Shihab, pendidik dan pendiri Keluarga Kita, orangtua harus cerdas digital.

Secara umum, internet sama halnya seperti pasar sehingga orangtua harus sadar betul bahwa anak-anak tidak hanya bisa survive (bertahan), tetapi juga bisa cerdas di dunia digital.

“Persiapan orangtua untuk ajarkan anak cukup panjang. Sebab, mereka melepaskan anaknya ke pasar yang begitu besarnya, yang tidak ada batasnya,” ujar Najelaa dalam diskusi parenting di acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia juga menekankan, pada dasarnya yang harus dilakukan adalah upaya pengasuhan dan pendidikan untuk mendukung anak ini supaya betul-betul cerdas di dunia digital.

Untuk itu ada tiga hal utama yang wajib diperhatikan orangtua:

1. Hubungan yang reflektif dengan keluarga

Perhatikan baik-baik, memberikan anak gadget, apakah kebutuhan anak atau rasa gengsi orangtua?

2. Penerapan disiplin yang positif

Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan kesepakatan bersama anak.

“Bukan cuma membuat anak jadi patuh, tetapi juga bisa membuat anak paham mengapa dia harus melakukan sesuatu sehingga dia tahu cara menggunakan gadget yang baik,” jelasnya.

3. Orangtua dan pendidik tahu betul cara membimbing anak agar belajar dengan efektif

Gadget itu sebetulnya alat untuk belajar, tetapi kita nggak mengajari anak untuk pakai dengan baik. Padahal, ada banyak hal yang baik bisa ditemukan melalui gadget,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.