Kompas.com - 28/01/2017, 10:35 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Memiliki bayi memang selalu menggemaskan. Rasanya, Anda ingin selalu memeluk sang buah hati sepanjang waktu, tak terkecuali ketika sedang tidur.

Namun, hati-hati, membiarkan bayi tidur dalam dekapan Anda di mana Anda pun bisa tertidur ketika sedang duduk di sofa bisa membahayakan.

Sebab, posisi duduk dan tidur di sofa sembari mendekap bayi sangat berpotensi tinggi terjadi hal buruk yang tidak Anda inginkan.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) tidur bersama bayi di sofa efeknya jauh lebih buruk daripada tidur bersama di atas tempat tidur.

Risiko bayi terjatuh atau tercekik lebih tinggi ketika Anda membiarkan diri sendiri dan bayi tidur bersama di atas sofa.

Bianca Sprague, seorang bidan dan pendidik maternal, mengatakan bahwa jika Anda ingin tidur bersama satu kasur dengan bayi ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pertama, pastikan tidak ada celah antara kasur dan dipan, kasur dan dinding, atau kasur dan meja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, Anda tidak boleh tidur bersama bayi dalam keadaan di bawah pengaruh obat.

Terakhir, jangan tidur bersama lebih dari satu anak di atas tempat tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.