Kompas.com - 31/01/2017, 20:04 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Anda mungkin sudah capek mendengar bahwa tidur sangatlah penting untuk kesehatan, karier, dan hubungan. Namun, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas bukanlah hal yang mudah bagi orang Indonesia yang selalu dikejar waktu.

Lagipula, pertanyaan-pertanyaan seperti “berapa lamakah waktu tidur yang baik” dan “kapan waktu untuk tidur yang tepat” memiliki jawaban yang bervariasi dan membingungkan.

Sekelompok peneliti dari National Sleep Foundation menyadari kebingungan ini. Mereka pun mempelajari 227 studi yang berkaitan dengan tidur untuk menemukan apa yang sebenarnya dimaksud dengan tidur yang berkualitas.

Maurice Ohayon, MD, DSc, PhD, Direktur dari Stanford Sleep Epidemiology Research Center mengatakan, sebelumnya kita telah mendefinisikan bahwa tidur yang sukses adalah tidur yang tidak menyebabkan hasil negatif atau membuat kita merasa kurang puas.

Namun, menurut studi terbaru ini, ternyata tidur yang baik lebih kompleks dari penjelasan tersebut dan tidak mengharuskan Anda untuk melakukannya selama delapan jam berturut-turut.

Berikut adalah empat hal yang Anda butuhkan untuk tidur nyenyak dan berkualitas:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1.  Anda butuh waktu setengah jam atau kurang untuk tertidur

2. Anda tidak terbangun lebih dari sekali dalam semalam

3. Jika sempat terbangun, Anda bisa kembali tidur dalam waktu 20 menit

4. Anda tidur setidaknya 85 persen dari waktu yang dihabiskan di tempat tidur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.