Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Trik Mudah untuk Kenali Tipe Kulit Anda

Kompas.com - 07/02/2017, 17:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Perawatan terhadap kulit terutama wajah tentunya sangat penting bagi setiap wanita. Sebab, kecantikan tidak hanya dinilai dari paras saja, tetapi juga pada kesehatan kulit.

Akan tetapi, sebelum Anda melakukan serangkaian perawatan kulit, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kulit terlebih dahulu.

“Paling pertama adalah kita harus tahu kulit kita, yang paling mudah adalah melihatnya setelah bangun tidur,” ujar dr Sari Chairunnisa, SpKK, spesialis kulit, saat acara talk show Wardah, Great Skin Great Make Up, dalam Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Dia melanjutkan, saat Anda bangun di pagi hari, kulit masih dalam kondisi sebenarnya sehingga dapat digunakan untuk menentukan jenisnya.

Kulit yang normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut, yaitu kulit lebih halus, kenyal, lembab, tidak berminyak, dan pori-pori rapat.

Kemudian, kulit kering biasanya terasa kasar, kusam, bersisik, dan muncul kerutan halus jika dipegang.

Sementara itu, wanita dengan kulit berminyak sendiri biasanya akan merasa wajahnya mengkilap, memiliki pori-pori yang besar, dan juga rentan berjerawat.

“Kalau kulit kering, akan tampak seperti tertarik dan bersisik. Kalau kulit berminyak, rentan berjerawat,” ucapnya.

Terakhir adalah jenis kombinasi. Wanita dengan kulit tipe ini hanya berminyak di daerah T-zone atau pada daerah dahi, hidung, dan dagu. Namun, akan terasa kering bahkan normal di area lainnya.

Jadi, manakah tipe kulit Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com