Kompas.com - 17/02/2017, 15:06 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Beberapa orang punya satu teman atau lebih dari satu yang memiliki karakter buruk sehingga membuat waktu pertemuan terasa seperti siksaan.

Teman racun mempunyai kepribadian tidak peduli dengan kebahagian temannya, selalu ingin menjadi pusat perhatian, pamrih, dan terkadang suka menghardik temannya.

Lucunya, dia tidak merasa salah ketika berbuat salah.

Pertemanan seharusnya memberikan rasa nyaman dan hangat dalam kehidupan Anda. Sebab, seharusnya pertemanan itu saling mendukung dan membantu.

“Anda merasa sakit kepala dan emosi setiap bertemu dengannya. Anda merasa ingin berteriak di depan wajahnya tetapi Anda tak mungkin melakukannya,” ujar peneliti dari UCLA.

Sebuah studi dari UCLA menemukan bahwa pertemanan yang sarat stres memberikan dampak setara dengan kelebihan protein dan menyebabkan inflamasi pada tubuh Anda.

Pertemanan yang membuat Anda makan perasaan, menurut studi, bisa menyebabkan diabetes, gangguan jantung, dan kanker.

Dr Daniel Yadager, psikolog dan ketua peneliti mengatakan bahwa studi tersebut memperlihatkan bahwa pertemanan racun tidak hanya berdampak secara psikis, tetapi juga fisik.

Dia mengatakan bahwa banyak orang yang tidak menyadari bahwa kesehatan yang menurun juga bisa hasil hubungan pertemanan racun.

“Banyak orang menganggap pertemanan, baik atau buruk, tidak terlalu memberikan dampak buruk. Namun, ingat, pertemanan itu merupakan lingkup penting dalam kehidupan manusia,” urainya.

Jadi, jangan pernah meremehkan hubungan buruk dengan teman.

“Pilihannya adalah Anda menjauhkan diri atau menyelesaikannya dengan si teman,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CBS News
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.