Kompas.com - 19/02/2017, 13:30 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Kehamilan merupakan fase penting dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi agar pintar dan cerdas.

“Gen merupakan penyebab utama dalam meningkatkan kecerdasan anak dan pembentukan karakter. Namun, gaya hidup yang benar selama masa kehamilan juga membantu memprogram pembentukan otak anak semasa masih menjadi janin,” urai Dr Lana Asprey, rekan penulis bertajuk The Better Baby Book.

Dr Asprey mengatakan bahwa sejumlah riset memperlihatkan bahwa faktor gen hanya memainkan peran 50 persen dalam pembentukan otak anak. Lalu, selebihnya adalah pengaruh lingkungan di sekitar bayi.

Berikut lima kebiasan saat hamil yang bisa menstimulasi perkembangan otak janin:

Biasakan membaca buku untuk janin

Kemampuan anak mengenal aksara sudah bisa diajarkan semenjak mereka masih menjadi janin.

Biasakan membacakan buku sewaktu masih mengandung, tepatnya pada trimester ketiga karena janin sudah bisa menyimpan memori hal-hal yang biasa mereka dengar dalam kandungan.

“Periset di Amerika Serikat meminta ibu mengandung membaca sebuah buku. Lalu, ketika bayi lahir dan berusia beberapa bulan, mereka (bayi) bereaksi pada suara ibu mereka yang membaca buku yang biasa mereka dengar semasa menjadi janin,” jelas Dr Miriam Stoppard, pakar pola asuh anak.

Aktif

Tubuh merilis hormon endorfin seusai berolahraga, maka Anda pun merasa bahagia selesai latihan. Kebahagiaan itu menular pada bayi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.