Kompas.com - 19/02/2017, 20:34 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com –  Berbagai teori dan mitos soal pola asuh anak pastinya sudah banyak Anda dengar atau baca.

Pertanyaannya, apakah mayoritas dari teori itu memberikan hasil yang Anda inginkan?

Sebaiknya gaya pola asuh terhadap anak berangkat dari insting orangtua. Sebab, hanya ibu dan ayah yang mengenal karakter dan kepribadian masing-masing anak.

Seorang psikolog anak dan konsultan keluarga, Natasha Daniels, mengungkapkan satu teori pola asuh anak yang berangkat dari pengalaman pribadinya sebagai ibu.

Daniels yang juga menulis buku berjudul How to Parent Your Anxious Children mengatakan, memuji keteledoran anak justru membuat mereka jadi lebih patuh.

“Mungkin teori ini terasa aneh tetapi efektif diaplikasikan pada anak-anakku. Ingat, setiap anak itu berbeda. Bisa jadi teoriku tidak berjalan sukses pada anak Anda,” jelas Daniels.

Dia menuturkan bahwa ketika anak-anaknya susah untuk segera mandi, merapikan meja makan, meletakkan baju kotor di tempatnya, dan masih banyak lagi, maka dia akan memberikan pujian pada mereka.

“Aku mengatakan, terima kasih sudah mandi, terima kasih sudah merapikan meja makan, padahal mereka tidak melakukannya. Anak-anaku pun memberikan ekspresi aneh,” urainya.

Lucunya, lanjut Daniels, keesokkan hari anak-anaknya tersebut menjadi mandi lebih cepat, merapikan meja makan, dan bahkan ikut membantu mencuci piring.

“Teori ini tidak selalu berhasil pada mereka (anak-anak Daniels). Namun, sering kali mereka merasa tidak enak dan menuruti aturan di rumah,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.