Kompas.com - 20/02/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Jika benar-benar cinta perlukah ada penjelasan dan alasan? Seharusnya tidak.

Namun, sejumlah penelitian di dunia tertarik untuk mencari tahu apa yang menyebabkan orang jatuh cinta pada lawan jenis mereka?

Berikut uraiannya:

Banyak persamaan

Ada teori yang mengatakan bahwa pasangan yang langgeng yang sedikit memiliki kesamaan. Namun, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology merangkum bahwa rasa cinta datang karena adanya persamaan.

Persamaan nilai-nilai hidup, pengalaman hidup, level atraktif, dan usia bisa membuat seseorang jatuh cinta pada orang lain.

Mirip orangtua Anda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut studi yang dirangkum dalam Evolution & Human Behaviour seorang pria kemungkinan jatuh cinta dengan wanita yang mirip dengan ibunya, baik karakter maupun fitur fisik.

Teori serupa juga terjadi pada wanita yang cenderung jatuh cinta dengan pria yang mirip ayahnya.

Aroma tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Science mengatakan bahwa aroma tubuh juga memainkan peranan penting yang membuat orang lain jatuh cinta.

Studi itu mengatakan bahwa wanita yang dalam masa subur menganggap pria dengan level testosterone tinggi menarik dan seksi.

Lalu, sejumlah pria juga mengungkapkan bahwa aroma tubuh wanita lebih harum saat perionde menstruasi.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.