Kompas.com - 21/02/2017, 15:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Seiring bertambahnya usia, salah satu hal yang menakutkan bagi wanita adalah penuaan pada kulit. Sebab, sangat sulit untuk mengembalikan kulit yang sudah terlanjur keriput atau menua.

Terjadinya penuaan kulit ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia, tetapi juga karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh wanita.

“Semakin banyak aktivitas, maka semakin banyak pula yang terkena penuaan kulit,” ujar Vivi Tri Andari, R&G Manager PT Unilever Indonesia Tbk dalam acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Seorang wanita bekerja misalnya, mereka memiliki tingkat stres yang tinggi dan seringkali kurang tidur atau bahkan sengaja begadang. Kedua hal tersebut bisa membuat wajah terlihat 2,5 tahun lebih tua.

Sementara itu, stres sendiri dapat melemahkan kolagen pada kulit hingga 70 persen dan meningkatkan resiko munculnya keriput pada kulit wajah.

Lalu, satu hari begadang saja dapat membuat kulit wajah kehilangan sepuluh persen kekuatannya dalam menghadapi faktor eksternal penyebab penuaan.

Maka dari itu, perhatikan waktu tidur Anda untuk memperlambat proses penuaan kulit wajah. Selain itu, lakukan pekerjaan dengan senang hati agar tidak menimbulkan stres berlebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.