Kompas.com - 23/02/2017, 15:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ternyata memengaruhi perkembangan intelegensia anak-anak. Bahkan, saat belajar pun mereka lebih senang untuk memanfaatkan teknologi.

Komputer, laptop, tablet, dan ragam gawai lainnya sudah menjadi alat belajar mengajar modern untuk anak-anak sekola zaman sekarang.

Belajar dengan mencatat mengandalkan tulisan tangan sepertinya sudah lama dilupakan, setidaknya untuk sebagian besar anak-anak yang bersekolah di kota besar.

Kondisi ini menginspirasi tergagasnya penelitian yang dilakukan oleh Princeton University and the University of California, Los Angeles. 

Peneliti ingin melihat apakah ada perbedaan kecerdasan pada siswa yang menulis dengan siswa yang mengetik saat mencatat.

Para peserta pun melakukan serangkai tes dengan melakukan kedua metode tersebut.

Hasilnya, siswa yang membuat catatan dengan tulisan tangan lebih mampu untuk mengingat dan memahami konsep yang dicatatnya, walaupun telah mencatatnya satu minggu lalu.

Selain itu, mereka juga lebih unggul karena ditemukan dapat memahami ide-ide baru.

Hal serupa juga dilakukan Universitas Nebraska oleh psikolog pendidikan, Kenneth Kiewra.

Hasilnya, Kiewra mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa siswa yang mencatat di laptop memiliki sedikit keuntungan pada pembelajarannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.