Kompas.com - 23/02/2017, 16:45 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Bermain tak hanya berfungsi sebagai penghibur dan pengusir rasa bosan bagi anak. Kegiatan ini juga dapat mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Karenanya, orangtua juga harus cermat memilah mainan dan permainan buat anak.

“Mainan bisa membantu merangsang perkembangan fisik, sosial emosional, dan kognitif anak,” ujar psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (16/9/2015).

Bermain juga dapat melatih kekuatan saraf motorik anak, baik halus maupun kasar. Memegang mainan berukuran kecil, misalnya, membantu mengembangkan kemampuan motorik halus.

“Menggenggam objek kecil melatih anak menggunakan jari dan tangan hingga akhirnya terbangun kekuatan otot kecil dan kemampuan koordinasi yang dibutuhkan untuk menulis,” ucap perwakilan dari The National Association for the Education of Young Children (NAEYC) Peter Pizzolongo, seperti dikutip greatschools.org, Kamis (3/3/2016).

Dalam permainan, kemampuan berbahasa anak juga bisa terbangun, terutama ketika mereka bermain dengan anak-anak lain seusianya. Umumnya, anak cenderung berbicara sendiri ketika bermain berdampingan dengan teman sebaya.

Thinkstock/kiankhoon Ilustrasi anak-anak bermain bersama
Jamak juga, anak akan mengulang perkataan temannya atau mulai berbicara satu sama lain. Anak pun biasanya mulai belajar menyampaikan ekspresi tentang hal yang disukai, tidak disukai, atau kejadian menarik yang terjadi saat bermain bersama temannya.

Rata-rata anak di bawah usia lima tahun cenderung masih egosentris, alias menempatkan dirinya sebagai pusat aktivitas dan menilai segala hal dari sudut pandangnya. Nah, bermain dengan teman akan membantu anak mengembangkan keterampilan sosial.

Bermain bersama memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepekaan terhadap keberadaan dan kebutuhan orang lain. Mereka pun akan belajar mengendalikan keinginannya sendiri saat bermain bersama teman.

Jiwa kepemimpinan juga bisa terbangun, demikian pula kemampuan memecahkan masalah dan berkomunikasi dengan teman sebaya akan semakin terlatih, dari bermain bersama teman.

Pilihan mainan dan permainan

Mainan dan permainan untuk anak sekarang tak terhitung banyaknya. Sebagian di antaranya memberikan manfaat bagi perkembangan fisik, sementara sebagian yang lain membantu mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosial.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.