Kompas.com - 26/02/2017, 16:16 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Robin Taub, penulis buku A Parent’s Guide to Raising Money-Smart Kids, mengatakan bahwa dia memberikan uang mingguan pada kedua anaknya ketika mereka sudah mulai sekolah.

Sekarang, kedua anaknya telah duduk di bangku universitas dan memiliki kemampuan yang baik dalam membuat anggaran keuangan pribadi tanpa membebani orangtua dengan uang ekstra.

Taub mengatakan bahwa uang jajan mingguan atau bulanan bisa membentuk kebiasaan finansial yang positif pada anak.

Orangtua, kata Taub, juga jadi bisa melihat dan membacara karakter buah hati mereka dalam menggunakan dan mengelola uang.

“Anak-anak perlu diberi kesempatan untuk mengelola uang secara sederhana dari usia dini. Cara ini bisa menjadi ajang pembelajaran bagi anak dan orangtua,” ujar Taub.

“Saya memulainya dengan uang mingguan,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, seiring usia anak, Taub pun memberikan kepercayaan lebih pada anak dengan memberikan uang bulanan.

Namun, Taub mengatakan bahwa uang jajan ini beda dengan insentif.

“Uang jajan itu beda dengan uang yang diberikan kepada anak-anak karena mereka membantu orangtua mengerjakan tugas rumahtangga. Dapat uang karena pintar mencuci piring, merapikan kamar, dan sebagainya, itu sebaiknya disebut insentif,” urainya.

Uang tersebut juga menjadi ajang belajar untuk anak bahwa jika ingin mendapatkan uang lebih, maka dia harus bekerja.

“Orangtua harus memberikan proses pada anak. Proses mendapatkan uang lebih karena menyelesaikan tugas domestik atau mendapatkan nilai lebih sebaiknya diterapkan setelah anak sudah mendapatkan uang jajan,” jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa usia lima tahun adalah waktu terbaik untuk memulai memberikan uang jajan dan mengajarkan pengelolaan uang pada anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.