Kompas.com - 28/02/2017, 11:32 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Rutinitas apa yang Anda lakukan setiap pagi ketika tiba di kantor? Menyiapkan secangkir kopi, bercengkrama dengan beberapa rekan kerja, atau memeriksa e-mail? Biasanya satu jam pertama waktu bekerja Anda berlalu begitu saja tanpa terasa.

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk menghabiskan satu jam pertama waktu kerja Anda.

Biasakan sarapan sebelum Anda mulai bekerja

Jangan membiasakan sarapan setelah Anda tiba di kantor.

Duduk di depan layar komputer sambil sarapan dan minum kopi hanya akan membuat Anda melirik media sosial ketimbang menyelesaikan pekerjaan, kata Laura Stack, seorang pakar dan pembicara tentang produktivitas.

Anda tidak bisa fokus bekerja dengan sendok di tangan Anda, tambah Stack.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buat daftar hal yang harus Anda kerjakan

Beberapa orang menuliskan daftar pekerjaan dengan meletakkan yang paling mudah di barisan paling awal agar mereka merasa senang karena sudah berhasil mengerjakannya, kata penulis buku Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Business.

Namun, ternyata hal ini berlaku hanya untuk menghargai diri Anda sendiri, bukan menjadi produktif. Justru Anda harus membuat daftar dimulai dari pekerjaan yang Anda prioritaskan lebih dulu.

Lalu, membuat daftar ini juga harus spesifik dan kalau perlu, beri waktu untuk menyelesaikannya, sehingga Anda bisa mengukur keberhasilan dalam mengerjakan tugas yang sulit sekalipun.

Jangan minum kopi (terlalu pagi)

Kafein bisa membantu meningkatkan energi Anda dalam mengerjakan tugas yang berat, kata Chris Bailey, penulis buku The Productivity Project.

Pikirkan pekerjaan berat yang harus Anda selesaikan dan kapan Anda akan menyelesaikannya. Sebab,  pada saat itulah Anda membutuhkan energi dari kopi, tambah Bailey

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.